Cara Memperbaiki Batrai Yang Kembung

Sumber Gambar : www.pricearea.com


Pernahkah anda mengalami baterai HP anda kembung? Jika pernah, apakah anda berusaha untuk memperbaikinya? Nah bagi kebanyakan orang, baterai HP yang kembung sudah dianggap hal yang biasa. Kebanyakan dari mereka membiarkan saja hal tersebut. Padahal kalau menurut kacamata saya, hal tersebut bisa berdampak negatif pada HPnya. Mengapa? Karena :

  1. Baterai yang kembung, daya isi baterainya menjadi kurang. Walaupun sudah diisi dayanya sampai full atau penuh, namun baterai tersebut perlahan-lahan akan menyedot dayanya sendiri. Jadi, kita dapat merasakan bahwa baterai yang kembung itu dayanya akan cepat habis walaupun sudah dicharge daya baterainya berkali-kali.
  2. Baterai yang kembung dapat merusak casing HP. Karena baterai kembung, maka casing penutup baterai tidak bisa menutup dengan sempurna. Sehingga, casing penutup baterai harus dilepas dari unit HP. Jika tidak dilepas, maka casing penutup baterai tersebut bisa pecah dan retak.


Nah, penyebab baterai HP kembung itu sebenarnya apa? Penyebab baterai HP kembung antara lain :

  1. HP sering dimainkan ketika sedang diisi daya baterainya. 
  2. Mencharge atau mengisi daya baterai terlalu lama.
  3. Terkena radiasi panas dari HP. Biasanya kalau HP sedang panas, maka semua bagian akan terkena panasnya, termasuk baterai. Nah jika baterai terlalu sering terkena panas, maka baterai dapat menjadi kembung.
  4. Sembarangan atau tidak tepat dalam memilih charger baterai. Karena charger baterai yang tidak tepat dapat membuat baterai menjadi rusak, salah satunya baterai menjadi kembung.


Namun bagaimanakah cara mengatasi baterai HP yang kembung? Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Lepaskan baterai dari unit HP.
  2. Bungkus rapat baterai dengan plastik.
  3. Masukkan ke dalam freezer kulkas dan diamkan selama 1 malam.
  4. Pagi-pagi dibuka dan panaskan baterai selama 1 jam menggunakan hairdryer dengan suhu hangat atau bisa juga dijemur di atas genting. Hal ini bertujuan agar tidak ada sisa es yang mengembun.
  5. Setelah kering, gunakan charger desktop selama 3 jam dalam keadaan terbalik, yang positif ke posisi negatif dan yang negatif ke posisi positif. Langkah ini berfungsi sebagai pengurasan isi dari energi baterai menjadi kosong.
  6. Lalu, bungkus kembali rapat-rapat menggunakan plastik dan masukkan kembali ke freezer kulkas selama 1 malam.
  7. Besoknya buka, lalu keringkan.
  8. Gunakan charger desktop dalam posisi normal selama 1 jam. Hal ini bertujuan agar baterai tidak kaget dalam pengisian normal.
  9. Pasang kembali baterai ke unit HP, lalu lakukan pengisisan baterai menggunakan charger biasa. 
  10. Dan Alhasil HPku tidak bisa hidup alias mati. Hehehe... :D 


Saya dulu pernah mengalami masalah, yaitu baterai HP saya kembung. Saya coba gunakan tips di atas namun hasilnya nihil. Baterai HP saya masih saja tetap kembung malah HP saya tidak bisa hidup alias mati. Dan langkah terbaik yang harus saya lakukan adalah saya membeli baterai HP baru, hehehe :D.

Namun teman-teman coba dulu tips tersebut, barangkali bisa membuat baterainya kembali ramping lagi seperti sedia kala. Karena saya punya teman yang mengalami masalah sama seperti saya dan saya suruh teman saya untuk mencoba menggunakan tips tersebut dan alhasil hasilnya bekerja 100%. Kini baterai HP teman saya yang dulu kembung bisa jadi ramping lagi seperti sedia kala.

Nah, bagi teman-teman yang belum pernah mengalami baterai HP kembung, alangkah baiknya teman-teman bisa mencegahnya dengan cara sebagai berikut.

  1. Jangan memainkan HP ketika sedang diisi daya baterainya. Lebih baik HP dinonaktifkan ketika sedang diisi daya baterainya.
  2. Jangan mencharge atau mengisi daya baterai terlau lama.
  3. Jika HP sedang panas, berhentilah memainkan HP. Diamkanlah HP sejenak sampai hilang panasnya. Jika panasnya sudah hilang, anda boleh memainkannya lagi. 
  4. Jangan sembarangan menggunakan charger baterai. Karena charger baterai yang tidak tepat dapat menjadikan baterai menjadi rusak, salah satunya baterai menjadi kembung. Lebih baik gunakan charger baterai asli dari produk HPnya.

Baca Juga

Cara Memperbaiki Batrai Yang Kembung
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan